Skip to main content

Pengertian Software, Fungsi, Jenis dan Perawatannya

Adiwirawan.net - Mungkin ada juga dari kita yang belum faham tentang pengertian software. Padahal dalam keseharian kita saat ini, banyak dari kita yang tidak bisa lepas dari yang namanya perangkat lunak komputer atau yang sering disebut dengan software ini. Facebook, WhatsApp, Instagram merupakan contoh perangkat lunak yang sering kita sebut dengan sosial media.

Pada postingan kali ini akan kita sampaikan tentang apa yang dimaksud dengan software, contoh software, fungsi software dan banyak hal yang terkait dengan software.

Apa yang Dimaksud dengan Software Itu?

Software atau perangkat lunak adalah kumpulan dari instruksi yang memungkinkan pengguna untuk bisa melakukan interaksi dengan komputer, entah itu hardware yang dimiliki oleh komputer ataupun juga interaksi dengan kemampuan komputer lainnya.

Tanpa yang namanya software atau perangkat lunak ini, maka komputer kita bisa jadi tidak ada gunanya. Semisal, tanpa adanya browser maka kita tidak akan bisa berselancar di Internet termasuk juga membuka web adiwirawan.net ini.

Termasuk juga sistem operasi, Windows atau Linux misalnya, tanpa ada nya software berupa sistem operasi ini, maka hardware yang kita miliki tentu tidak dapat dioperasikan dan dimanfaatkan.

Apa Fungsi Software?

Setelah kamu faham tentang pengertian software maka kita lanjutkan dengan fungsi software. Software bisa diumpamakan sebagai jiwa, sedangkan hardware bisa diumpakan sebagai raga. Hardware tidak akan bisa berfungsi dengan baik jika tidak ditopang dengan software.
Beberapa fungsi software adalah:
  • Mengatur kegiatan pemrosesan yang dilakukan oleh komputer
  • Mengatur file
  • Mengatur penggunaan memory
  • Membuat antar muka antara pengguna dengan hardware
  • Memberikan akses ke system
  • Mengatur penggunaan perangkat ataupun fasilitas yang disediakan oleh hardware komputer
Dan masih banyak lagi fungsi software lainnya. Yang tentunya tergantung untuk apa software tersebut dibuat, bisa bermacam-macam.

Contoh Software atau Perangkat Lunak dan Fungsinya

Merujuk pada pengertian software di atas, maka sebenarnya software bisa bermacam-macam, akan ditampilkan beberapa contoh dari software di bawah ini:
SoftwareContoh Software
AntivirusAvast, McAfee, Norton,
fungsi: Untuk mencegah virus yang ada di komputer / laptop kita
Audio/VideoVlc, Winamp, Windows Media Player
fungsi: Mendengarkan musik yang ada di laptop atau hp kita juga bisa digunakan untuk melihat video
DatabaseMySQL, PostgreSQL, Oracle
fungsi: Penyimpanan data dalam jumlah besar
E-MailOutlook, Thunderbird
fungsi: Pengelolaan email di client
GameMinecraft, Age of Empire
Fungsi: Permainan
Web BrowserFirefox, Chrome, UC Browser
fungsi: Membuka konten website
Sistem OperasiLinux, Windows, Android
fungsi: sebagai sistem yang melandasi sistem-sistem yang ada di komputer atau laptop juga termasuk hp
DokumenLibreOffice, Microsoft Office
fungsi: kebutuhan pengaturan dokumen, termasuk menulis, presentasi
Image EditorPhotoshop, Gimp, Corel Draw, Inkscape
fungsi: untuk mengolah gambar
Dan masih banyak lagi contoh software lainnya

Jenis Software dan Cara Memperoleh Software?

Software ada yang berbayar tapi ada juga perangkat lunak yang gratis. Tergantung dari si pembuat program, akankah membuatnya gratis atau berbayar.

Untuk perangkat lunak yang berbayar, bisa kita dapatkan ke penyedia software yang ada. Ada juga yang bisa kita dapatkan dengan download di internet, dengan sebelumnya kita perlu membayar sejumlah uang ke penyedia software tersebut.

Untuk perangkat lunak yang gratis, kita bisa dapatkan di internet, biasanya akan banyak yang membagikannya. Kamu cukup cari di mesin pencarian/google, ketikkan kata kunci nama software yang kamu butuhkan, maka akan ditampilkan link-link download yang bisa kamu tuju untuk mendapatkan software gratis tersebut.

Untuk perangkat lunak yang gratis ada beberapa macam tipe sebenarnya, yang bisa dibagi menjadi beberapa kategori:
  • Shareware atau Trial adalah program yang memberikan waktu kepadamu untuk mencoba selama beberapa hari pemakaian. Sesudah beberapa hari pemakaian tersebut, kamu akan diminta untuk memasukkan kode ataupun nomor registrasi untuk bisa melanjutkan menggunakan program tersebut.
  • Freeware adalah sebuah program yang sengaja dibuat memang untuk dibagikan secara umum. Kamu tidak akan diminta bayaran sedikitpun dalam menggunakannya.
  • Open Source Software adalah sebuah program yang hampir mirip dengan freeware, kamu tidak perlu membayar saat menggunakannya. Yang menjadi hal lebih dari open source software ini adalah kamu juga akan diberikan source code dari program ini, sehingga kamu bisa ikut melihat dan mengembangkan program yang ada.

Bagaimana Kita Menggunakan Software?

Ketika perangkat lunak atau software sudah diinstall di komputer, laptop atau Hp sekalipun, maka kita bisa menggunakan dan memanfaatkan fitur yang ada pada software tersebut kapan saja.

Kamu hanya perlu mencari di mana lokasi perangkat lunak itu berada, kamu klik, dan akhirnya kamu bisa menggunakannya.

Bagaimana Merawat Software yang Kita Miliki?

Jika kamu sudah memiliki software, maka ada kalanya kita harus merawat software tersebut agar senantiasa terjadi perbaikan.

Bagi kamu yang punya software yang diinstall di komputer, semisal antivirus, maka kamu perlu juga untuk melihat adakah update terkait dengan antivirus tersebut. Karena bisa jadi, dengan berlangsung lama penggunaan antivirus tersebut, kita jadi lupa untuk melakukan update. Karena update program dimaksudkan untuk memperbaiki hal-hal yang belum ada dari versi sebelumnya.

Tidak beda jauh ketika kita punya program di hp kita. Update juga perlu kita lakukan. Kalau kamu menggunakan Android, kamu bisa cek di Play Store adakah perbaikan dari program yang telah kamu install.

Pengertian dari Software
Pengertian dari Software 


Bagaimana Software Dibuat?

Software atau perangkat lunak dibuat oleh mereka para programmer. Mereka para programmer tersebut membuat program dengan menuliskan instruksi yang bisa dipahami oleh mesin.

Kita sebagai orang awam belum tentu faham maksud dari instruksi pembuatan program tersebut. Karena instruksi pembuatan program tersebut untuk bisa menjalankan suatu perintah akan dikompilasi menjadi bahasa mesin, sehingga mesin faham apa maksud kemauan si pembuat program.

Apakah Software Itu Mahal?

Harga sebuah software bisa bermacam-macam. Tergantung dari tingkat kesulitan dan juga kepentingan dari software itu sendiri.
***

Demikian tadi ulasan tentang pengertian software atau perangkat lunak, fungsi dan juga macam-macamnya. Semoga bisa menjadikan tambahan wawasan bagi pembaca semuanya.

Dapatkan artikel terbaru kami, lewat email:

Kami menghargai Privasi Anda. Dan anda bisa berhenti berlangganan kapanpun.

No comments:

Post a Comment